Rabu, 12 Mei 2010

YOGURT BUATAN SENDIRI

Yogurt merupakan salah satu olahan susu yang diproses melalui proses fermentasi dengan penambahan kultur organisme yang baik, salah satunya yaitu bakteri asam laktat. Di pasaran yogurt terbagi dalam dua jenis, yang pertama adalah yogurt plain yaitu yogurt tanpa rasa tambahan dan yang kedua adalah drink yogurt yaitu yogurt plain yang telah ditambahkan perasa tambahan buah-buahan seperti rasa stroberi, jeruk ataupun leci oleh produsen.
Kandungan gizi yogurt tidaklah kalah dengan kandungan susu pada umumnya dikarenakan bahan dasar yogurt adalah susu, bahkan ada beberapa kelebihan yogurt yang tidak dimiliki oleh susu murni yaitu :
1. Sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sensitif dengan susu (lactose intolerance) yang ditandai dengan diare karena laktosa yang terkandung pada susu biasa sudah disederhanakan dalam proses fermentasi pembuatan yogurt
2. Bila dikonsumsi secara rutin bahkan mampu menghambat kadar kolestrol dalam darah karena yogurt mengandung Lactobacilus yaitru bakteri baik yang berfungsi menghambat pembentukan kolestrol dalam darah yang berasal dari makanan yang kita makan seperti jeroan atau daging
3. Berguna untuk meningkatkan daya tubuh kita karena yogurt mengandung banyak bakteri baik sehingga secara otomatis dapat menyeimbangkan bakteri jahat yang terdapat dalam tubuh kita.
Walaupun kelihatan sulit, pembuatan yogurt sebenarnya sangat sederhana. Alat-alat yang kita butuhkan tidaklah terlalu rumit yaitu panci berukuran kira-kira 40 cm,sendok pengaduk dan toples/panci kaca dengan tutup. Sedangkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan yogurt hanyalah susu. Susu ini dapat berupa susu cair langsung tetapi yang perlu diperhatikan susu yang digunakan harus susu putih (susu segar).
Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Siapkan susu segar
2. Masak dengan api kecil sambil diaduk terus selama 30 menit tetapi jangan sampai mendidih yaitu sampi suhu sekitar 40 derajat celcius. Proses ini hanya untuk menguapkan air saja yang nantinya akan terbentuk gumpalan atau solid yogurt.
3. Kalau sudah solid yogurt lalu angkat dan didinginkan kira-kira sampai hangat-hangat kuku baru kemudian ditambahkan bibit (starter) yogurt sebanyak 2 - 5% dari jumlah yogurt yang sudah mengental tadi.
4. Diamkan selama 24 jam dalam wadah/panci tertutup untuk menghasilkan rasa asam dan bentuk yang kental.
5. Makin tinggi total solidnya maka cairannya bening yang tersisa semakin sedikit, maka yogurt tersebut semakin bagus. Solid yogurt yang belum diberikan tambahan rasa ini dapat juga dijadikan bibit yogurt untuk pembuatan selanjutnya.
6. Setelah berbentuk yogurt dapat ditambahkan sirup atau gula bagi yang tidak kuat asamnya, bahkan bisa ditambahkan dengan perasa tambahan makanan seperti rasa jeruk, strawberry dan leci yang dapat kita peroleh di toko bahan makanan.
7. Yogurt yang sudah jadi dapat ditempatkan di wadah plastik ataupun kaca. Kalaupun kita ingin menggunakan wadah plastik sebaiknya yang agak tebal, akan tetapi bila ingin menyimpan yogurt untuk waktu yang lebih lama sebaiknya menggunakan wadah kaca.
Perlu diketahui bahwa bibit yogurt memang tidak dijual di pasaran secara bebas tetapi dapat juga diperoleh di toko-toko makanan. Atau apabila tersedia kita dapat menggunakan yogurt yang plain (tanpa rasa tambahan), tanpa gula dan tanpa aroma sebagai bibit yogurt. Yogurt dapat disajikan tidak hanya sebagai minuman, tetapi juga dapat disajikan bersama salad buah sebagai sausnya ataupun sebagai bahan campuran es buah. yogurt.
Selain itu perlu diperhatikan juga bahwa dalam pembuatan dan penyimpanan yogurt, syarat yang paling utama adalah masalah kebersihan yang merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan. Untuk itu sebaiknya semua alat yang akan digunakan direbus terlebih dahulu dalam air mendidih selama 5-10 menit. Karena bila kebersihan tidak dijaga dapat mengakibatkan yogurt tidak jadi dengan ciri-ciri : (1) tidak berasam walaupun berbentuk solid, (2) di permukaan solid ditumbuhi jamur yang berbentuk bintik-bintik hitam dan (3) berbau asam yang sangat tajam. Biasanya untuk yogurt yang dibuat sendiri paling lama penyimpanan sebaiknya selama 1 minggu. Selain masalah kebersihan yang perlu diperhatikan juga masalah penyimpanan. Ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu :
- Yogurt tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung.
- Yogurt tidak boleh ditaruh dalam suhu ruangan, harus disimpan dalam suhu dingin/kulkas tetapi juga tidak boleh diletakkan dalam freezer. Yogurt tidak boleh disimpan dalam freezer karena bahan dasar yogurt yang berupa susu dapat pecah dan justru itu akan merusak yogurt.

Tips Memilih Yogurt

Bila anda tidak sempat membuat dan ingin membeli yogurt di pasaran maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
- Pilihlah yogurt yang kental.
- Pilihlah yogurt yang disimpan di suhu dingin jangan yang di luar karena biasanya sudah disteril lagi sehingga mikroorganismenya sudah tidak ada.
- Perhatikan dan cermati labelnya yang plain yogurt atau yang drink yogurt disesuaikan dengan kebutuhan kita.
- Perhatikan dan cermati tanggal kadaluarsanya
(CT-115)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar